Sabtu, 25 Agustus 2007

Algoritma dan Alur Pikir Manusia

Sebagai seorang programmer boleh dikatakan hampir setiap hari aq berkutat pada masalah logika dan matematika. Kadang cuma bersinggungan dengan logika yang gampang, tapi kadang pula harus berurusan dengan logika yang multi kompleks. Komputer memang aneh, makhluk yang satu ini punya daya ingat yang begitu hebat, tapi di sisi lain bodohnya luar biasa. Punya memori bermega-mega bahkan giga tapi tidak bisa berpikir sendiri, hal sepele pun minta diajari. Atau lebih tepatnya, diperintah. Memerintah komputer bisa terserah tapi tidak bisa asal. Karena kalo salah outputnya bakal diluar dugaan. Maka ada cabang ilmu komputer yang dinamakan logika dan algoritma. Cabang yang membahas tentang bagaimana harus berpikir logis, cara menyusun logika langkah demi langkah sehingga apa yang kita inginkan tidak membingungkan mesin polos ini.

Berawal dari itu semua, entah kapan aku mulai berpikir, bahwa manusia yang katanya sebagai makhluk yang paling cerdas di dunia, juga berperilaku serupa. Sama-sama punya algoritma, dalam bahasa yang lebih dikenal mungkin adalah alur pikir. Jika algoritma adalah urutan logika cara program komputer berjalan, maka alur pikir menunjukkan urutan langkah cara manusia berpikir tentang sesuatu.

Dalam algoritma ada yang dinamakan dengan bug. Bug adalah kesalahan, baik cara menulis program ataupun logikanya. Pikiran manusia pun sama, bisa punya kesalahan juga. Jika bug terjadi pada pemikiran, diperlukan pemikiran lain yang lebih bagus dan sempurna untuk membuktikan kesalahan pemikiran sebelumnya. Contohnya adalah pandangan Hitler tentang Bangsa Jerman. Tanpa pembuktian kita mungkin takkan pernah tahu bahwa itu salah bukan? Lewat pemikiran, kesadaran manusia bisa bangkit hanya dalam sekejap, tetapi bisa pula terus terperangkap, baru bangkit setelah melewati masa yang sangat lama, dan bahkan tidaklah mustahil telah mengorbankan banyak nyawa. Seiring dengan semakin panjang sejarah manusia, paradigma dan alur pikir terus berubah, selalu mencari dan berusaha untuk mendekati kebenaran sejati.

1 komentar:

yoki mengatakan...

makasih infonya
sangat menarik dan bermanfaat